Strategi Jitu Membidik Pasar Baja Ringan

Strategi Jitu Membidik Pasar Baja Ringan
Gambar Pilar Pemasaran (sumber : Markplus2000)

Sebelum menentukan target konsumen yang akan dibidik, ada baiknya pengusaha baja ringan memahami struktur pasar baja ringan di Indonesia.  Dengan memahami struktur pasar ini diharapkan pengusaha mendapatkan gambaran lengkap sebelum mengambil keputusan untuk memproduksi  suatu barang atau jasa yang sesuai dengan target yang akan dibidik.

Pada dasarnya pasar konsumen baja ringan di Indonesia dapat dibagi menjadi 3 bagian,

  1. Pasar Tingkat Atas.

Yaitu pasar dimana terdapat konsumen yang benar-benar memperhatikan kualitas barang, sangat memperhatikan merk,  berpikir jangka panjang dan tidak terlalu sensitive terhadap harga.  Jumlah konsumen di tingkat ini tidak terlalu besar, tapi mereka sangat loyal. Membidik konsumen di tingkat ini memerlukan effort yang cukup besar, mereka perlu diyakini akan kualitas barang melalui product knowledge yang mumpuni, karena pada dasarnya mereka sangat well educated (tingkat pendidikan tinggi).

  1. Pasar Menengah

Pasar ini merupakan pasar yang paling besar “kue”nya. Ciri-ciri konsumen di pasar ini adalah mereka tidak terlalu loyal terhadap merk. Memang konsumen agak sedikit kritis terhadap kualitas barang namun bila diberi pengertian secara detail dan jelas, mereka akan cepat memahami.  Mereka akan membutuhkan waktu lebih untuk mencari informasi mengenai suatu barang serta memperbandingkan antara beberapa merk-merk yang mereka cari informasinya melalui internet.  Tapi setelah mereka yakin, mereka akan sangat mudah untuk melakukan pembelian dan juga repeat order di kemudian hari.

  1. Pasar Bawah

Konsumen di pasar ini mempunyai ciri khas sangat tidak loyal terhadap merk dan sangat sensitive terhadap harga.  Kualitas menjadi nomer dua, mereka hanya mencari harga rendah yang masuk di dalam budget pembeliannya. Pasar Bawah umumnya berada di daerah-daerah diluar perkotaan besar yang memang terkadang dihadapkan pada sedikitnya pilihan ketersediaan barang dengan merk tertentu.

 

Dengan gambaran pasar diatas, pengusaha bisa menentukan pasar apa yang akan dibidik sebagai targetnya dan jenis barang seperti apa yang akan diproduksi, sehingga dapat menentukan jenis bahan baku baja ringan (coil galvalume) yang akan digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *