Mengenal Lebih Jauh Istilah Pada Coil Galvalume

Stiker Kode Produksi pada Coil Galvalume

Galvalume (GL) atau disebut juga BjLAS (Baja Lapis Aluminium Seng)  = adalah proses pelapisan baja yang mengandung unsur aluminium dan zinc, dipasarkan populer dengan sebutan ZINCALUME. Unsurnya adalah 55% Aluminium, 43,5% Zinc/seng & 1,5% silikon.

Galvanis (GI) atau disebut juga BjLS (Baja Lapis Seng) = adalah suatu proses pelapisan seng pada lembaran baja agar baja tidak mudah berkarat. Unsurnya adalah 98% unsur Zinc/seng & 2% unsur Aluminium.

PPGI ( Pre Painted Galvanised Iron) = adalah lembaran baja galvanis sebelum diberi warna (colour).

PPGL ( Pre Painted Galvalume Iron) = adalah lembaran baja galvalume sebelum diberi warna (colour).

Hot Dip = adalah proses pelapisan suatu metal dengan lapisan tertentu yang tahan karat (biasanya seng/zinc) yang sebelumnya telah dipanasi terlebih dahulu. Proses ini menggunakan cara merendam metal tersebut dalam bak yang berisi lapisan seng/zinc tersebut.

Standart non colour = lembaran coil galvanis atau galvalume standart yang tidak diberi warna.

Standart colour = lembaran coil galvanis atau juga galvalume standar yang diberi warna.

Tinted Blue = adalah lembaran coil galvanis atau juga galvalume yang dilapisi resin warna biru.

Tinted Green = adalah lembaran coil galvanis atau juga galvalume yang dilapisi resin warna hijau.

Prime = adalah hasil produksi coil galvalume dengan kualitas yang utama, terbagi dalam 2 kategori, yaitu : Prime Bare (tanpa dilapisi paint/warna) dan Prime Bare Painted (dilapisi warna)

Non Prime = adalah hasil produksi yang reject dari proses prime. Terbagi dalam 3 Grade, yaitu :

Non Prime Second Grade, Non Prime Medium Grade dan Non Prime Down Grade.

Colorbond = adalah suatu merk untuk aplikasi pelapis warna pada coil galvalume.

BMT = Adalah singkatan dari Base Metal Thickness, adalah ketebalan dasar baja sebelum dilapisi unsur Aluminium, Resin dan Warna.

TCT (Total Coating Thickness), yaitu ketebalan baja setelah di beri lapisan Coating (biasanya bertambah 0.02 – 0.03 mm) dari BMT, sehingga ketika di sigmat tebal 0.55 BMT akan menghasilkan 0.57 – 0.58 mm.

TCC (Total Coating Colour), yaitu ketebalan baja setelah di beri lapisan coating dan warna (biasanya bertambah 0.01 – 0.02 mm) dari TCT, sehingga ketika di sigmat tebal 0.55 BMT akan menghasilkan 0.58 – 0.59 mm.

AZ70 = adalah ketebalan lapisan coating dari coil galvalume. Coating mempunyai beberapa kategori ketebalan, dalam label perdagangan baja ringan dikodekan dengan AZ / AS, diantaranya : AZ70, AZ100, AZ150 dan AZ200. Arti kode itu adalah ketebalan coating dengan satuan gram / m². AZ70 mengartikan, untuk melapisi satu meter persegi baja ringan digunakan 70 gram bahan coating, dan seterusnya. Kesimpulannya, semakin besar nilai di belakang AZ/AS maka semakin tebal lapisan anti korosinya, dan tentu saja semakin baik kualitasnya.

G550 = adalah tegangan Tarik dari coil galvalume.  G550 berarti baja memiliki kuat tarik 550 Mpa. Baja ringan  adalah Baja High Tensile G.550 (minimum Yeild Strength 5500 kg/m2), Modulus Elastis 200.000 Mpa, Modulus Geser 80.000 Mpa, Titik Leleh 550 Mpa, Berat Jenis 7400 Kg/m3 dengan standar ASTM A792, JIS G3302, SGC 570. Selain grade 550, beredar juga grade G300 atau G330, perbedaan ini hanya bisa diketahui dengan pengujian material di laboratorium. Produsen Baja Ringan yang baik, akan menunjukan Hasil Uji Tarik yang dikeluarkan oleh laboratorium yang bersertifikat resmi.

Incoming search terms:

  • sebutan warna G300